Jumat, 24 September 2010

RPP SMP Kelas VIII : Pendidikan Agama Kristen (contoh)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas                           :  VIII  (Delapan)
Pertemuan                    :  I & II
Semester                      :  I (Gasal)

A.     Standar Kompetensi
Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan

B.     Kompetensi Dasar
Hidup bersyukur dalam segala situasi

C.     Alokasi Waktu
2 JP x 2 pertemuan

D.    Indikator
-         Menjelaskan makna hidup bersyukur
-         Menyebutkan alasan bersyukur

E.     Materi Pokok
Hidup Bersyukur :
§         Pandangan hidup manusia:
-         Hidup adalah beban
-         Hidup adalah takdir
-         Hidup adalah seni
-         Hidup adalah anuerah yang harus disyukuri
§         Cara mensyukuri hidup
-         Berdoa, menyanyi dan memuji Tuhan
-         Menolong sesama yang menderita
-         Membina dan membangun diri agar lebih baik
-         Memelihara pola hidup baik
-         Membiasakan diri bersyukur
§         Pendalaman Alkitab : Lukas 17:11-19

F.      Pendekatan
-         Dilihat dari proses (siswa aktif)
-         Dilihat dari materi (CTL)

G.    Strategi Kelompok
Pembelajaran dengan kerjasama dan penjelasan dari guru mata pelajaran

H.    Metode
Investigasi kelompok dan pencapaian konsep dengan proses sebagai berikut:
-         pemberian tugas kelompok
-         diskusi kelompok
-         penjelasan/pemaparan


I.       Langkah-langkah:
1.      Kegiatan Awal (10’)
-         Guru menginformasikan KD, indikator, dan deskripsi metode belajar yang diterapkan
-         Siswa menanggapi permasalahan/wacana yg telah disiapkan guru
-         Pretes untuk penjajagan
3.      Kegiatan Inti (50’)
-         Siswa duduk menurut kelompoknya dengan komposisi heterogen
-         Masing-masing kelompok menerima tugas dari guru
-         Diskusi kelompok
-         Presentasi kelompok
-         Guru memberi pengarahan/penguatan/arahan jika diperlukan pada setiap akhir presentasi
3.      Penutup (20’)
-         Siswa diajak untuk menyimpulkan hasil belajar
-         Refleksi dikaitkan dengan kehidupan nyata
-         Postest

J.      Sumber dan Media Belajar
a.       Sumber Belajar
Alkitab, Cermin Remaja VIII, Theologia Sistematika, pengalaman pribadi
b.      Media Belajar
Kartu lotre berisi bahan diskusi

K.    Penilaian
a.       Nontes berupa lembar penilaian observasi perilaku siswa dalam pelaksanaan diskusi
b.      Tugas Pribadi : Penugasan Proyek (wawancara)

L.     Rubrik Penilaiank
a.  Observasi siswa dalam pelaksanaan diskusi (Lukas 17:11-19)
      a.  Tokoh apa yang paling menarik dari cerita Alkitab tersebut
      b.  Perbandingan ayat 16 dan 18, apakah yang ditegaskan melalui ayat-ayat tsb
      c.  Cara mengungkapkan syukur
      d.  Hal-hal yang mendorong untuk mengucap syukur


No

Nama Siswa
ASPEK PENILAIAN


SKOR


NILAI
Partisipasi
Dlm Diskusi
(1-5)
Pemecahan Masalah
(1-5)
Ketrampilan
Berdiskusi
(1-5)
Presentasi Kelompok
(1-5)

































b.  Lakukan wawancara dengan pendeta atau majelis jemaat di gereja masing-
     masing siswa (Kegiatan 6 Hal.9-10)


No

Nama Siswa
ASPEK PENILAIAN

SKOR

NILAI
Perencanaan
(1-5)
Pengumpulan Data
(1-5)
Pengolahan Data
(1-5)
Penyajian Data
(1-5)














Kongbeng, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Kongbeng                                         Guru Mata Pelajaran


EDY SUROSO, S.Pd, M.Si                                         RUSTINA M.NOVENY, S.Th
NIP.196802041993031010                                         NIP.198011032005012007



























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran             :  Pendidikan Agama Kristen
Pokok Bahasan                        :  Kelebihanku
Satuan Pendidikan                    :  SMP Negeri 1 Kongbeng
Kelas / Program                       :  VIII
Semester                                  :   I
Waktu                                      :  2 JP x 2 pertemuan ( 1 JP @ 40’)

I.      Standar Kompetensi
Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan

II.      Kompetensi Dasar
Hidup bersyukur dalam segala situasi

III.      Indikator
Menunjukan sikap bersyukur atas kuasa dan kasih Allah dalam hidupnya dengan menghargai waktu, talenta dan dirinya sendiri melalui kelebihan yang dimilikinya

IV.      Materi Pokok
Pertemuan ke-1 : 
    • Iman kristiani yang menekankan bahwa Allah telah memberikan kepada setiap pribadi kemampuan khusus (karunia dan talenta)
    • Pengertian karunia dan talenta
    • Bahan-bahan Firman Tuhan : Lukas 19:12-27

Pertemuan ke-2 :
    • Kegiatan refleksi berdasarkan Kegiatan 5 (Refleksi no.1-10)


V.      Strategi Pembelajaran
Pemahaman konsep dan ketrampilan proses dengan menerapkan metode: ceramah, tanya jawab dan refleksi
1.      Pendahuluan
-         Guru memberikan salam kepada siswa, mengajak siswa untuk berdoa dan menyanyikan pujian
-         Guru mengabsen siswa
-         Apersepsi terhadam materi yang diberikan
2.      Kegiatan Inti
Pertemuan I :
-         Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
-         Guru mengajak siswa untuk memperhatikan gambar atau foto tentang suatu kegiatan yang melibatkan kemahiran seseorang atau kemampuan seseorang
-         Guru meminta siswa untuk menyampaikan peandapatnya sehubungan dengan gambar/foto yang ditempelkan di whiteboard
-         Guru memberikan uraian materi dan penjelasan mengenai pengertian karunia dan talenta beserta contoh-contoh di dalam Alkitab yang mendukung
-         Guru meminta siswa untuk menuliskan di catatan masiasing mengenai uraian materi
-         Guru memeriksa hasil catatan siswa
-     Feedback siswa terhadap materi yang diberikan
3.      Penutup
Memberi tugas
No
Kegiatan Belajar
Aspek Life Skill

Pendahuluan
  1. Prasyarat
  2. Motivasi
Kegiatan Intii                            
  1. Guru memberikan penjelasan karunia dan talenta
Penutup
a.       Guru menyimpukan hasil pembelajaran
b.      Guru memberikan penugasan kepada siswa berupa refleksi diri dan observasi terhadap teman mengenai kelebihan yang dimiliki

·        Kesadaran diri
·        Kecakapan akademis

·        Kesadaran diri


No

Nama
Siswa
Aspek Penilaian
Kedalaman Refleksi
(1-4)
Isi Refleksi
(1-4)
Kesuaian Alkitab






























                                       















VI.      Penilaian dan Tindak Lanjut
a.       Penilaian afektif melalui Kegiatan 16 (Hal.16 Cermin Remaja VIII)
Refleksi diri


Nama Siswa
Kecakapan berpikir
Kecakapan sosial
I
(1-5)
II
(1-5)
III
(1-5)
IV
(1-5)
V
(1-5)
VI
(1-5)
VII
(1-5)










Keterangan  :
                           I.      Menggali informasi
                         II.      Mengolah informasi
                       III.      Mengambil
                       IV.      Memecahkan
                         V.      Komunikasi lisa
                       VI.      Komunikasi tertulis
Penilaiannya:
5  =  sangat baik                   3  =  cukup baik                    1  = sangat kurang
4  =  baik                                2  =  kurang

Kongbeng, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Kongbeng                                         Guru Mata Pelajaran


EDY SUROSO, S.Pd, M.Si                                         RUSTINA M.NOVENY, S.Th
NIP.196802041993031010                                         NIP.198011032005012007

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar